top of page

[TOP 10] Film Favorit Tahun 2013

Iniliah 10 Film Favorit saya yang tayang 2013. Semoga list ini bisa menjadi informasi sebagai film-film berkualitas di tahun 2013. 10. NOW YOU SEE ME Penuh teka-teki serta aksi memukau tanpa harus menampilkan tembak-menembak yang gencar menjadikan Now You See Me masuk sebagai film 10 besar favorit saya di tahun 2013. Arahan sutradara Louis Leterrier ini mengisahkan 4 pesulap handal yang harus berjibaku dengan sebuah misi dari seseorang yang tak pernah mereka kenal. Aksi sulap dengan aksi seru berhasil menjadi alur cerita yang berbeda dengan film-film Hollywood sebelumnya yang mengangkat tema sulap. Jesse Eisenberg, Woody Harrelson, dave Franco, serta si jelita Isla Fisher tampil memukau sebagai 4 pesulap bernama Thr Four Horsemen. Ditambah Mark Rufallo serta Melanie Laurent yang menjadi pihak berwajib yang mengejar 4 pesulap tersebut. Tidak sampai disitu, ada nama aktor gaek senior Morgan Freeman dan Michael Caine yang menambah ciamik film ini. Penuh Twist dan teka-teki, itulah menjadi sajian utama cerita plus dengan gaya aksi yang memukai yang diberikan di layar lebar.

9. WORLD WAR Z Ketika Danny Boyle sukses membuat terpukau dunia perfilman lewat film 28 Days Later, hampir semua konsep film mengenai zombie memakai pakem yang sama. Kecerdasan Danny Boyle dan Alex Garland dalam 28 Days Later membuat film dengan tema manusia menjadi zombie menjadi trend baru dalam perfilman Hollywood. World War Z yang rilis tahin 2013, sedikit banyak meniru gaya ala 28 Days Later mengenai manusia yang musti terjangkit dan menjadi zombie. Namun, ramuan baru yang dibuat adalah World War Z tidak hanya tampil di satu kota yang terinfeksi dan dikuasai oleh Zombie. Resep-nya adalah membuat World War Z menjadi film kolosal dengan efek visual canggih bagaimana manusia di seluruh dunia sudah terinfeksi dan menjadi Zombie. Plot cerita dibuat bagaimana manusia yang belum menjadi zombie berusaha mati-matian mencari vaksin penyembuh. Ramuan plot cerita ini berhasil dengan baik dituturkan dan digambarkan oleh sutradara Marc Forster. Terlebih ada nama aktor unggulan Hollywood Brad Pitt sebagai tokoh utama. Maka, World War Z menjadi film laga menghibur di tahun 2013. Film ini saya tempatkan di posisi 9 sebagai film favorit di tahun 2013.

8. THE BOOK THIEF Film drama dengan suguhan situasi saat perang dunia ke 2 di Eropa sudah hampir jarang muncul di layar lebar. The Book Thief menyajikan kisah rakyat Jerman saat Nazi milik Hitler berkuasa. The Book Thief mengisahkan seorang gadis kecil miskin dengan orang-tua-nya yang menyelamatkan seorang pemuda Yahudi selama bertahun-tahun di rumah tersebut. Terlebih gadis kecil remaja bernama Liesel (Sophie Nelisse) mencuri buku di rumah petinggi Partai Nazi selama keadaan jaman perang dunia ke II. Sophie Nelisse yang remaja berhasil tampil memukai sesuai skrip cerita yang menyentuh dengan pendamping aktor kawakan Geoffrey Rush dan aktris Emily Watson yang berperan sebagai orang tua angkat Liesel. Dialog natural serta menyentuh menjadi sajian utama dalam film ini. Tentunya juga dengan premis kemanusiaan yang menjadi penopang cerita dalam The Book Thief. Film ini membuat saya kepincut dan menjadikan film ini masuk sebagai daftar film favorit saya yang ke delapan di deretan sepuluh besar dari 13 film favorit saya di tahun 2013.

7. AMERICAN HUSTLE Ketika David O. Russel sukses lewat film the Fighter dan Silver Linings Playbook, maka American Hustle juga berhasil dengan brilian tampil realis di layar kaca. Gaya kehidupan sehari-hari serta dialog yang provokatif menjadi menu utama dalam film American Hustle yang mengambil setting dekade tahun 70-an. American Hustle menghadirkan Aktor dan Aktirs berbakat yang dimiliki hollywood. Mulai dari Christian Bale, Amy Adams, Bradley Cooper, Jennifer Lawrence, plus Jeremy Renner tampil sebagai kesatuan yang apik dalam setiap perannya. David O. Russel sukses membuat cerita yang rumit dari setiap karakter-nya namun tak perlu membuat penonton harus ikut rumit dalam menikmati-nya. Film ini bahkan berhasil menyabet 10 nominasi Oscar. Meskipun menjadi anti klimaks ketika tidak ada satupun Oscar yang dibawa pulang dari 10 nominasi tersebut. Namun, kegagalan di Oscar tepa menjadikan film ini menjadi film favorit ke tujuh sebagai film favorit saya di tahun 2013.

6. 12 YEARS A SLAVE Steve McQueen berhasil dengan sukses mengangkat ke layar lebar kisah hidup seorang kulit hitam Salomon Northup di jaman kelam perbudakan yang saat itu terjadi di Amerika. Penggambaran visual kehidupan budak membuat film ini layak menjadi salah-satu film yang benar-benar kita mengambil hikmah dari kejahatan masa lalu. Meski tokoh utama adalah Chiwetel Ejiofor yang berperan sebagai Salomon Northup, namun penampilan Michael Fassbander sebagai tuan tanah yang bengis dan jahat benar-benar memukau. Dalam perannya sebagai Edwin Epps seorang tuan tanah bengis, Michael Fassbander tampil begitu mengesankan. Sayangnya, hal tersebut tidak mampu membawa pulang Oscar dan hanya menjadi salah-satu nominasi pemeran pendukung terbaik. Namun, dari 9 nominasi Oscar, 12 Years A Slave berhasil menyabet 3 Oscar. Yang paling bergengsi adalah ketika berhasil menyabet kategori Film Terbaik (Best Motion Picture of The Year). Satu lagi, adalah kehadiran aktris Lupita Nyong'o yang tampil mencuri perhatian dan menyabet Aktris Pendukung Terbaik (Best Performance by an Actress in a Supporting Role). Kisah Nyata ini saya tempatkan di posisi ke enam sebagai film favorit saya di tahun 2013.

5. THE WOLF OF WALL STREET Masuk dalam lima besar film favorit saya adalah film yang kisahnya bercertita mengenai kejahatan kerah putih yang terjadi dalam dunia pialang. Leonardo DiCaprio total berperan sebagai Jordan Belfort yang menghalalkan segala cara untuk meraih kekayaan dan kesuksesan. Jonal Hill sebagai aktor pendukung makin melengkapi kisah kejahatan ini dengan berperan sebagai Donnie Azoff. Ini merupakan kisah nyata dari Jordan Belfort di dekade 90-an yang berhasil menguras uang dari segala macam pihak. Film ini disutradarai oleh sutradara papan atas hollywood Martin Scorsese yang piawai dalam membuat film-film tema kejahatan namun berkualitas. Taxi Driver, Raging Bull, Goodfellas, Cape Fear, Gangs of New York, hingga The Departed adalah film-film berkualitas yang pernah dibesut oleh Martin Scorsese. Sayangnya, Scoresese dalam The Wolf of Street gagal meraih Oscar dari Kategori Sutradara Terbaik. Hal tersebut juga dialami Leonardo DiCaprio yang gagal menyabet Aktor Terbaik. Ini kali ke empat Leonardi gagal menyabet Aktor Terbaik di Oscar, Tragisnya, meski The Wolf of Wall Street mendapat pujian dari banyak kritikus film dan penonton, film ini gagal total di Oscar. mengantongi 4 Nominasi Oscar, namun tidak berhasil menyabet 1 gelar. Namun, film ini layak menjadi film favorit nomor lima dalam list film favorit saya di tahun 2013.

4. GRAVITY Sandra Bullock berhasil naik daun lewat performa nya dalam film Speed saat duet akting bersama Keanu Reeves. Namun sejak saat itu, Sandra Bullock tampil datar saja di film-film Hollywood, meski banyak membintangi film papan atas. Film Gravity yang hampir 90 persen hanya menampilkan Sandra Bullock berhasil mengganjarnya sebagai Pemeran Wanita Terbaik. Gravity sendiri adalah karya brilian dari sutradara Alfonso Cuaron. Mengisahkan Astronot perempuan Ryan Stone (Sandra Bullock) yang terjebak di luar angkasa ketika terjadi kecelakaan di luar atmosfir bumi. Ryan Stone musti berjibaku dengan waktu dan segala keterbatasan yang ada untuk upayanya kembali ke Bumi. Kisah tersebut berhasil menuai decak kagum di layar kaca. Inilah buah kesuksesan Alfonso Cuaron yang merupakan sutradara asal Meksiko, Sandra Bullock yang berhasil menampilkan akting memukau, serta George Clooney yang sukses sebagai aktor dan produser dalam film ini. Ketegangan dengan konsep nyata dan realis di luar angkasa membuat Gravity sebagai film favorit ke empat di tahun 2013.

3. CAPTAIN PHILLIPS Nama Tom Hanks adalah jaminan mutu. begitu juga tangan dingin sutradara Paul Greengrass. Setelah Tom Hanks merajai box office Hollywood di era 90-an dan awal milenium, nama Tom Hanks kurang terdengar lagi. Namun, Tom Hanks belum habis. Kiprahnya kembali mencuat lewat kisah nyata Captain Phllips yang harus berhadapan dengan perompak Somalia. Kisah nyata ini begitu apik dibesut Paul Greengrass yang terkenal lewat, Bourne Supremacy dan Bourne Ultimatum. Kisah nyata kapal barang yang bernilai puluhan juta Dollar yang di nahkodai dikuasai oleh perompak Somalia yang sudah terkenal semenjak pertengahan tahun 2000-an. Kisah ini berhasil menjadi visual yang mendebarkan serta kolaborasi akting Tom Hanks yang memerankan Captain Phillips. Plus peran pembantu yang dibintangi oleh aktor-aktor debutan Barkhad Abdi, Barkhad Abdirahman, serta Faysal Ahmed. Ketegangan makin memuncak seiring sang kapten nahkoda kapal musti menjadi sandera dari para perompak Somalia dengan tuntutan jutaan dollar. Ketegangan, dialog berkualitas, serta penggambaran yang realistik membuat Captain Phillips menjadikan film yang masuk 3 besar film favorit saya di tahun 2013.

02. DALLAS BUYERS CLUB Bercerita mengenai pria yang terjangkit HIV karena pegaulannya. Tak mau menyerah begitu saja, Ron Woodroof (Mattew McConaughey) lebih percaya kepada pengobatannya sendiri yang extreme dan tidak direkomendasikan oleh dokter pada umumnya. Film ini disutradarai oleh Jean-Marc Vallee asal Kanada. Kisah nyata dari kehidupan Ron Woodroof berhasil apik diperankan oleh Mattew McConaughey dan Jared Leto yang berperan sebagai Waria bernama Rayon. Dallas Buyers Club mengganjar Mattew McConaughey dan jared Leto mendapatkan Piala Oscar untuk kategori Pemeran Pria Terbaik dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Film menuai banyak pujian dari kiritkus film meski secara komersil tidak menjadi box office yang berkali-kali lipat untung. Metascore memberikan nilai 84 dan Rotten Tomatoes memberikan nilai 94. Dallas Buyers Club menjadi runner-up film favorit saya di tahun 2013.

01. RUSH Rush menjadi film favorit di tahun 2013 ini meski tidak mengantungi satu-pun nominasi Oscar. Film ini dibintangi oleh Chris Hemsworth dan Daniel Bruhl. Film ini disutradarai oleh Ron Howard yang merupakan sutradara top ten Hollywood. Mengisahkan kisah nyata rivalitas pembalap Niki Lauda (Daniel Bruhl) dan James Hunt (Chris Hemsworth). Baik Hemsworth dan Bruhl berhasil begitu brilian dalam setiap adegan yang dikemas dalam film ini. Sayangnya hanya Daniel Bruhl yang diganjar moninasi Golden Globe. Penulis skenario Peter Morgan berhasil membuat kisah rivalitas pembalah Formula 1 tersebut menjadi sebuah skenario yang jempolan dan berkualitas Ron Howard membuat visual yang begitu menyerupai dengan kejadian sebenarnya di layar lebar. Detail dan ciamik untuk sinematografi yang ditampilkan dalam film Rush. Plus komposer Hans Zimmer yang mengisi scoring musik Rush menjadi film wahid papan atas Hollywood yang menampilkan balapan Formula 1 di layar lebar. Kisahnya sendiri selain rivalitas namun juga memberikan pelajaran penting kepada penonton. Bagaimana rivalitas tidak melulu harus menjadi pertempuran yang negatif. Namun, Rivalitas menjadi suatu penyemangat untuk menjadi yang terbaik. Kehadiran Olivia Wilde dan Alexandra Maria Lara juga menambah film ini makin terasa komplit. Rush membuat saya menempatkan inilah film terfavorit saya di tahun 2013.


You Might Also Like:
bottom of page