top of page

[TOP 10] FILM You Must see Before You Die Based On True Story During Nazi Time


Ini adalah 10 Film pilihan saya yang berdasarkan kisah nyata saat perang dunia ke II saat NAZI berkuasa. Film-film ini bercerita mulai dari gerakan bawah tanah melawan Nazi dan Genosida yang dilakukan NAZI terhadap Yahudi. Tidak hanya itu, saya juga memasukan beberapa film yang menceritakan Hitler ataupun pemerintahan/militer Jerman saat perang Dunia ke II.

Begitu banyak film kisah nyata saat pendudukan jaman saat Nazi berkuasa, tapi inilah 10 Film Kisah nyata favorit saya. Enjoy The List :)

10. UPRISING (2001)

Durasi Waktu Film : 151 Menit 151 MENIT

Bahasa : INGGRIS

Film Distributor : NBC

Sutradara : Jon Avnet JON AVNET

Penulis Skenario : PAUL BRICKMAN & JON AVNET

Pemain :

LEELEE SOBIESKI : Tosia Altman HANK AZARIA : Mordechai Anielewicz DAVID SCHWIMMER : Yitzhak "Antek" Zuckerman JON VOIGHT : Maj. Gen. Jürgen Stroop DONALD SUTHERLAND : Adam Czerniaków STEPHEN MOYER : Simcha "Kazik" Rotem SADIE FROST : Zivia Lubetkin RADHA MITCHELL : Mira Fuchrer

Foto Sebenarnya anak-anak dan perempuan Yahudi oleh Nazi

Film ini bercerita mengenai perlawanan yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Yahudi saat di Ghetto Warsawa. Perlawanan ini cukup mengejutkan pihak Jerman yang menyangka bahwa para Yahudi yang berada di dalam Ghetto tak akan berani angkat senjata. Peristiwa ini sering disebut Warsaw Ghetto Uprising. Perlawanan ini berlangsung dari 19 april hingga 16 Mei 1943.

Perlawanan ini membuat repot pihak Nazi karena berlangsung hampir sebulan. Sekitar 2 ribu pasukan Nazi dibuat repot untuk melawan para pejuang. meski tidak digambarkan dalam film, namun sebenarnya perlawanan yang dilakukan oleh para Yahudi dibantu oleh pejuang Polandia bawah tanah yang saat itu juga menentang pendudukan Nazi di Polandia.

Meski berhasil membuat repot tentara Nazi, namun dari segi senjata dan jumlah tidaklah berimbang. Jumlah pejuang dari pihak Yahudi hanyalah kurang lebih 600 orang plus pejuang Polandia yang juga tak banyak. Hasil akhir memang dimenangkan oleh pihak Nazi. Namun, ini adalah salah-satu sejarah besar dalam melawan Nazi Jerman.

Film ini sendiri dibintangi oleh Leelee Sobieski, Jon Voight, Donald Sutherland, Hank Azana, serta David Schwimmer. Sementara duduk di bangku sutradara adalah jon Avnet. Film ini masuk kategori Film Televisi (Film Panjang yang tidak ditayangkan di layar bioskop).

Uprising berhasil meraih nominasi Golden Globes pada tahun 2002 untuk kategori Best Performance by an Actress in a Miniseries or a Motion Picture Made for Television. Uprising merupakan produksi dari NBC dan mendapatkan nilai 7.3/10 Bintang dari pembaca IMDB (Internet Movie Database).

Photo Film Uprising

9. Sophie Scholl: The Final Days (2005)

Durasi Waktu Film : 120 MENIT

Bahasa : JERMAN

Film Distributor : X VERLEIH (JERMAN) & ZEITGEIST FILMS (AS)

Sutradara : Marc Rothemund MARC ROTHEMUND

Penulis Skenario : FRED BREINERSDORFER

Pemain :

JULIE JENTSCH : Sophia Magdalena 'Sophie' Scholl FABIAN HINRICHS : Hans Fritz Scholl ALEXANDER HELD : Robert Mohr JOHANNA GASTDORF : Else Gebel ANDRE HENNICKE : Dr. Roland Freisler FLORIAN STETTER : Christoph Hermann Probst MAXIMILIAN BRUCKNER : Willi Graf JOHANNES SUHN : Alexander Schmorell

(foto asli Sophie dan Hans Scholl. namun belum bisa diverifikasi apakah ini foto saat mereka ditangkap)

Sophie Magdalena Scholl: You will soon be standing where we stand now... (Ucapan Sophie Scholl saat diadili)

Sophia Magdalena Scholl (lahir 9 Mei 1921 – meninggal 22 Februari 1943 pada umur 21 tahun) adalah seorang anggota gerakan perlawanan Mawar Putih (White Rose/Weiße Rose) pada era Jerman Nazi. Ia mengambil jurusan biologi dan filsafat di Universitas München pada bulan Mei 1942. Pada awal musim panas 1942, Sophie bergabung dengan organisasi Mawar Putih. Ia ditangkap pada 18 Februari 1943 saat menyebarkan selebaran-selebaran anti-Nazi di Universitas München. Empat hari kemudian, tanggal 22 Februari, Hakim Roland Freisler menjatuhkan vonis hukuman mati dengan guillotine kepada Sophie, kakaknya Hans Scholl dan rekannya Christoph Probst.

Mereka dianggap mengkhianati pemerintah Nazi. Ketiganya dieksekusi di penjara München-Stadelheim beberapa jam kemudian. Dalam film Sophie Scholl - The Final Days (2005), tokoh Sophie diperankan Julia Jentsch. Kisah film ini berdasarkan transkrip interogasi Sophie yang telah dideklasifikasi. Berdasarkan Transkip interogasi asli ini maka film Sophie Scholl: The Final Days, sangatlah akurat. Film ini berhasil menjadi nominasi Oscar pada tahun 2006 untuk kategori Best Foreign Language Film of the Year. Dalam film lain yang mengisahkan Sophie Scholl adalah berjudul The White Rose (1982) dan (Last Five Days/Fünf letzte Tage). Menariknya dalam dua film yang berbeda ini, tokoh Sophie Scholl diperankan oleh aktris yang sama, Lena Stolze. *Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Sophie_Scholl

(Foto adegan Film Sophie Scholl: The Final Days)

8. VALKYRIE (2008)

Durasi Waktu Film : 121 MENIT

Bahasa : INGGRIS

Film Distributor : MGM (AS) & 20th CENTURY FOX (INTERNASIONAL)

Sutradara : BRYAN SINGER

Penulis Skenario : CHRISTOPHER McQUARRIE & NATHAN ALEXANDER

Pemain :

TOM CRUISE : Colonel Claus Von Stauffenberg

KENNETH BRANAGH : Mayor General Henning Von Tresckow

BILL NIGHY : General Friedrich Olbricht

TOM WILKINSON : General Friendrich Fromm

CARICE VAN HOUTEN : Nina Von Stauffenberg

THOMAS KRETSCMANN : Major Otto Ernst Remer

TERRENCE STAMP : Ludwig Beck

CHRISTIAN BERKEL : Colonel Mertz Von Quirnheim

JAMIE PARKER : Liutenant Werner Von Houften

(foto kiri: Stauffenberg dan anak-anaknya. foto tengah: foto setelah ledakan di ruang rapat hitler. foto kanan stauffenbeg beridir paling kiri)

Kalau Sophie Scholl adalah tergabung dalam organisasi bawah tanah penentang Nazi, Maka dalam film Valkyrie adalah upaya kudeta yang dilakukan oelh para petinggi militer yang sedari awal tidak setuju akan kampanye Hilter yang mengorbankan perang di seluruh Eropa dan Afrika.

Kisah nyata terhadap upaya kudeta terhadap Fuhrer ini coba digambarkan dalam film Valkyrie. Kelompok militer ini sedari awal sudah ingin membunuh Hitler dan lingkar dalam Hitler seperti Himller dan jendral Nazi garis keras lainnya. Kelompok Militer Anti Nazi ini tidak main-main. Mereka rata-rata profesinal militer yang tak ingin Jerman harus hancur di tangan Hitler.

Kelompok ini telah melakukan 6 kali percobaan terhadap Hitler dan semuanya gagal. Akhirnya mereka berhasil menemukan cara membunuh Hitler dengan nama Operasi Valkyrie. Operasi yang tidak hanya membunuh Hitler dan petinggi Nazi laiinnya. Namun juga melakukan kudeta di Berlin dengan mengerahkan pasukan menguasai Ibukota. Saat itu, Pasukan SS yang sangat setia kepada Hitler bisa menjadi ganjalan utama dalam operasi Valkyrie ini.

Rencana pembunuhan Hitler adalah sederhana. Meledakan bom saat Hitler memimpin rapat militer di Wolf Lair (Markas Hitler di luar kota Berlin). Rencananya setelah Hitler dan petinggi Nazi tewas karena bom, maka di Berlin secara bersamaan dilakukan operasi kudeta militer yang juga akan mengumumkan pemerintahan baru serta berdamai dengan sekutu.

Operasi Valkyrie ini sering disebut PLOT 20 JULI karena rencana ini dilakukan pada 20 Juli. Didampuk menjadi pemmpin operasi Valkyrie adalah Kolonel Claus von Stauffenberg. Seorang perwira di tubuh militer Jerman (Wermacht) yang baru saja pulang dari perang di Afrika. Satuffenberg memang dikenal sangat anti terhadap kebijakan perang Hitler dan sangat mencintai Jerman.

Staiffenberg sendiri pulang dari medan perang Afrika karena mendapatkan luka perang. Mata-nya musti buta satu karena ledakan bom dan salah satu tangannya diamputasi. Stauffenberg sendiri seringkali dibilang sosok ideal dari ras arya Jerman yang selama ini dibanggakan oleh Hitler. Bahkan saat awal karir-nya di militer, Stauffenberg pernah dijadikan model sebagai sosok Ras Arya yang ideal. Hitler menganggap Ras ARYA adalah Ras paling unggul di seluruh dunia.

Dalam film Valkyrie ini tokoh Stauffenberg diperankan oleh Tom Cruise. Diceritakan mulai dari rencana awal bahwa membunuh Hitler saja tidak cukup. Rencananya setelah membunuh Hitler bagaimana menguasai Berlin dan memastikan seluruh wilayah di Jerman dan wilayah luar Jerman yang masih dikuasai oleh Nazi harus menurut kepada kelompok PLOT 20 Juli.

Film ini menjadi salah-satu kisah yang cukup menambah pengetahuan sejarah mengenai upaya Hitler bukanlah Jerman. Selain Nazi, begitu banyak sebenarnya yang menentang kebijakan Nazi dibawah kepemimpinan Hitler.

*Quotes dalam film

Henning von Tresckow: We have to show the world that not all of us are like him. Otherwise, this will always be Hitler's Germany. ------------------------------------------- Henning von Tresckow: God promised Abraham that he would not destroy Sodom if he could find ten righteous men... I have a feeling that for Germany it may come down to one.

(Foto adegan film Valkyrie)

7. ESCAPE FROM SOBIBOR (1987)

Durasi Waktu : 143 MENIT

Bahasa : INGGRIS

Film Distributor : ZENITH PRODUCTION

Sutradara : JACK GOLD

Buku : RICHARD RASHKE

Penulis Skenario : THOMAS BLATT & REGINALD ROSE

Pemain :

ALAN ARKIN : Leon

JOANNA PACULA : Luka

RUTGER HAUER: Sasha

HARTMUT BECKER : Sgt. Gustav Wagner

JACK SHEPERD : Itzhak Lichtman

EMIL WOLK : Samuel Lerer

LINAL HALT : Oberkapo Porchek

Film Escape From Sobibor adalah kisah nyata mengenai pemberontakan yang terjadi di dalam Kamp Konsentrasi Sobibor. Selain Auswitz yang terkenal, Sobibor juga merupakan kamp kematian bagi yahudi dan minoritas lainnya yang dibenci oleh pihak Nazi.

Sobibor sendiri terletak di Polandia. Kamp Konsentrasi Sobibor merupakan masuk kategori Kamp Kematian. Karena selain jadi Kamp pekerja, namun juga dilengkapi dengan kamar gas untuk membunuh dan membakar Yahudi. Dalam bahasa inggris sering disebut Extermination Camp.

Kamp Sobibor ini mayoritas yahudi yang ada adalah Yahudi asal Polandia, Prancis, Jerman, Belanda, Cekoslowakia. Selain itu, Kamp ini juga menampung sebagian tentara merah Uni Soviet yang tertangkap. Pada akhirnya, tentara Uni Soviet yang dipimpin Sasha ikut bagian bersama pemimpin pemberontak yahudi di dalam camp untuk melarikan diri.

Membuat menarik mengenai upaya pelarian dalam camp ini adalah, beberapa yahudi yang terorganisir tidak memilih lari dengan kelompoknya saja seperti memakai cara klasik terowongan bawah tanah atau melarikan diri saat malam hari. Namun, Pola yang dipakai adalah melumpuhkan beberapa petinggi kunci tentara SS Nazi dan merencanakan kabur seluruh tahanan yang ada di Kamp sobibor ini.

Rencananya awal adalah membunuh semua petinggi SS yang ada. Namun, setelah terbunuh sekitar 11 petinggi SS, rencana ini dapat dicium oleh Nazi. Sebanyak 600 tahanan memilih kabur bersama dari Sobibor.

Film Escape From Sobibor sendiri lebih menceritakan awal cerita kekejaman Nazi saat di Kamp Sobibor dan klimaks di upaya pelarian yang berlangsung. Film ini tidak menceritakan pasca dari pelarian tersebut.

*Quotes dalam film

Lt. "Sasha" Pechersky: Listen to me! Our day has come! Most of the SS are dead! It's everyone for himself now!

6. DEFIANCE (2008)

Durasi Waktu : 137 MENIT

Bahasa : INGGRIS

Film Distributor : PARAMOUNT VINTAGE

Sutradara : EDWARD ZWICK

Buku : NECHANA TEC (DEFIANCE : THE BIELSKI PARTISANS)

Penulis Skenario : CLAYTON FROHMAN & EDWARD ZWICK

Pemain :

DANIEL CRAIG : Tuvia Bielski

LIEV SCHREIBER : Zus Bielski

JAMIE BELL : Asael Bielski

ALEXA DAVALOS : Lilka

ALLAN CORDUNER : Shimon Haretz

GEORGE MACKAY : Aron Bielski

Film ini mengisahkan perlawanan Yahudi di Barat Belarusia yang dipimpin oleh Bielski bersaudara. Bielski bersaudara yang tak mau tunduk terhadap okupasi NAZI, memilih menjadi milisi perlawanan. Bielski bersaudara memanfaatkan hutan sebagai medan tempur melawan NAZI.

Bielski bersaudara tidak hanya menjadi milisi bersenjata saja melawan NAZI, namun juga menyelamatkan ribuan yahudi dan tinggal di hutan selama NAZI berkuasa.

Bielski bersaudara mungkin menjadi Yahudi paling berani di seluruh penjuru eropa dengan perlawanan yang dilakukannya saat pendudukan NAZI. Bersatu dan solidaritas menjadi kekuatan utama perlawanan Bielski bersaudara. Bahkan saat mengorganisir para Yahudi yang berhasil kabur ke hutan, mereka menyusun rapih sistem yang dibuat. Mulai dari persenjataan hingga rumah sakit di dalam hutan.

*Quotes dalam film:

Tuvia Bielski: We may be hunted like animals, but we will not become animals. ------------

Asael Bielski: Nothing is impossible, what we all have done is impossible! ---------------- Tuvia Bielski: We're family. We have to stick together.

5. THE PIANIST (2002)

Durasi Waktu : 150 MENIT

Bahasa : INGGRIS

Film Distributor : FOCUS FEATURES

Sutradara : ROMAN POLANSKI

Buku : WLADYSLAW SZPILLMAN (THE PIANIST)

Penulis Skenario : RONALD HARWOOD

Pemain:

Adrien Brody as Władysław Szpilman Thomas Kretschmann as Captain Wilm Hosenfeld Frank Finlay as Samuel Szpilman Maureen Lipman as Edwarda Szpilman Emilia Fox as Dorota Ed Stoppard as Henryk Szpilman Julia Rayner as Regina Szpilmen Jessica Kate Meyer as Halina Szpilman

Film ini berdasarkan kisah hidup Wladyslaw Szpilman sebagai penyintas pada saat masa pendudukan NAZI. Wladyslaw Szpilman adalah Yahudi Polandia yang ikut masuk ke dalam Ghetto di Warsawa. Kehidupannya selama di dalam Ghetto diceritakan secara visual oleh sutradara Roman Polanski.

Digambarkan juga saat terjadi pemberontakan di dalam Ghetto oleh Yahudi dan Wladyslaw Szpilman menjadi saksi mata pemberontakan tersebut. Selain itu, Wladyslaw Szpilman menjadi saksi sejarah saat terjadinya perlawanan umum rakyat Polandia di akhir-akhir pendudukan NAZI.

Wladyslaw Szpilman dalam film diperankan oleh Adrien Brody. Membuat Sang Aktor meraih Oscar pada tahun 2003 untuk kategori Best Actor in Leading Role. Selain itu, film The Pianist juga merebut 2 Piala Oscar lainnya untuk kategori Best Director dan Best Wiritng Adapted Screenplay.

4. ENEMY AT THE GATES (2001)

Durasi Waktu : 131 MENIT

Bahasa : INGGRIS

Film Distributor : PARAMOUNT PICTURES

Sutradara : JEAN-JACQUES ANNAUD

Buku : WILLIAM CRAIG (Enemy at the Gates: The Battle for Stalingrad )

Penulis Skenario : JEAN-JACQUES ANNAUD

Jude Law – Vasily Zaytsev Joseph Fiennes – Commisar Danilov Rachel Weisz – Tania Chernova Bob Hoskins – Nikita Khrushchev Ed Harris – Major Erwin König Ron Perlman – Koulikov Eva Mattes – Mother Filippova

Dengan Operasi Barbarosa, NAZI menyerang Uni Soviet (sekarang Rusia) di Timur Eropa. Serangan mendadak ini dilakukan NAZI pada 22 Juni 1941. Operasi militer ini berjalan sukses. Dalam waktu singkat NAZI berhasil memukul mundur dengan telak Tentara Merah Uni Soviet.

Pada fase awal perang, Uni Soviet tak bisa berkutik dan kota demi kota yang ada di wilayah Uni Soviet jatuh ke tangan Nazi. Kota penting seperti Kiev dan Minsk dengan mudah direbut oleh tentara NAZI. Kemajuan akhirnya memuncak sampai mendekati salah satu kota besar industri bernama Stalingrad.

Di Kota inilah Uni Soviet mencoba mempertahankan mati-matian dari bombardir NAZI. Apalagi Stalingrad mempunyai makan politik sebagai STALIN-GRAD. Disebut sebagai Kota Stalin. Nama dari pemimpin komunis Uni Soviet saat itu. Maka dalam Enemy of the Gates diceritakan bagaiamana kejam dan sengitnya pertempuran di dalam kota Stalingrad.

Kisah nyata film ini mengisahkan seorang prajurit Uni Soviet yang mempunyai keahlian sebagai penembak runduk (sering disebut sniper atau penembak jitu). Dalam melawan NAZI, diceritakan Vasily Zaytsev menjadi Pahlawan untuk menaikan moral tentara merah yang terus-terusan dikalahkan tentara Nazi.

Dalam film ini dikisahkan Vasily Zaytsev menjadi momok baru bagi tentara NAZI, yang akhirnya mengutus seorang Sniper handal bernama (Major) Koenig yang juga penembak runduk.

Vasily dan Koenig seperti menjadi musuh bubuyutan untuk menunjukan siapa yang lebih baik. Hingga akhirnya. Stalingrad bisa dipertahankan Tentara Merah dari NAZI dan menjadi titik balik perang di Front Timur Eropa yang menyudutkan NAZI.

3. ANTHROPOID (2016)

Durasi Waktu : 120 MENIT Bahasa : INGGRIS Film Distributor : BLEACKER STREET Sutradara : SEAN ELLIS Penulis Skenario : SEAN ELLIS & ANTHONY FREWIN Cillian Murphy as Jozef Gabčík Jamie Dornan as Jan Kubiš Anna Geislerová as Lenka Fafková Harry Lloyd as Adolf Opálka Toby Jones as Jan Zelenka-Hajský Charlotte Le Bon as Marie Kovárníková Alena Mihulová as Mrs. Moravcová Bill Milner as Ata Moravec Sam Keeley as Josef Bublík Mish Boyko as Jan Hrubý

Cekoslowakia (Sekarang menjadi negara Ceko dan Slovakia) juga mnejadi daerah pendudukan NAZI. Dalam pendudukannya pada perang dunia ke 2 tersebut , Cekoslowakia dipimpin oleh Jendral NAZI Reinhard Heydrich. Jendral SS NAZI yang terkenal kejam dan keji. Julukannya adalah Si Penjagal. Kekejaman Heydrich di Praha dan seluruh kota di Cekoslowakia sangat terkenal. Heydrich juga menjadi salah satu aktor kunci penting dalam merumuskan Final Solution (Solusi Akhir) untuk Yahudi. Final Solution itu adalah dengan cara membunuh Yahudi lewat kamar gas dan membakar mayatnya. Konon, beberapa pihak percaya kalau Heydrich adalah otak terhadap ide tersebut dan lebih kejam daripada Himler dan Eichmann, sosok yang paling dianggap bertanggung-jawab terhadap pembunuhan 3-4 Juta Yahudi yang dibunuh oleh NAZI. Pemerintahan Cekoslowakia yang mengungsi di Inggris, menyetujui operasi Anthropoid (Anthropoid Operation), yang menugaskan dua prajurit terbaik milik Cekoslowakia yang sudah mengungsi ke Inggris, untuk membunuh Heydrich. Operasi ini merupakan kerja-sama dengan pihak Inggris dengan menugaskan Jozef Gabčík dan Jan Kubiš yang juga merupakan sahabat dekat. Kembali ke Praha, tigas mereka adalah membunuh Heydrich. Film Anthropoid ini mengisahkan bagaimana proses operasi pembunuhan yang dilakukan oleh Josef dan Jan.

2. SCHINDLER'S LIST (1993)

Durasi Waktu : 197 MENIT

Bahasa : INGGRIS

Film Distributor : UNIVERSAL PICTURES

Sutradara : STEVEN SPIELBERG

Buku : THOMAS KENEALLY (SCHINDLER'S ARK)

Penulis Skenario : STEVEN ZAILLIAN

Pemain

Liam Neeson as Oskar Schindler

Ben Kingsley as Itzhak Stern

Ralph Fiennes as Amon Göth

Caroline Goodall as Emilie Schindler

Jonathan Sagall as Poldek Pfefferberg

Embeth Davidtz as Helen Hirsch

Małgorzata Gebel as Wiktoria Klonowska

Mark Ivanir as Marcel Goldberg

Beatrice Macola as Ingrid

Schindler's List mengisahkan cerita sebenarnya mengenai para Yahudi yang berhasil selamat dari kekejaman NAZI pada perang dunia ke 2. Saat Polandia dikuasai oleh NAZI, seorang pengusaha asal Jerman bernama Oskar Schindler memanfaatkan kekayaan orang Yahudi untuk membangun bisnis di daerah jajahan. Namun, Oskar justru menjadi penyelamat bagi ribuan umat yahudi dari tangan SS NAZI

Schindler's List secara jelas menggambarkan mulai dari proses NAZI mengharuskan Yahudi memakai tanda Bintang Daud/Star David di lengan, lalu disuruh tinggal di Ghetto oleh NAZI, hingga sampai proses bagaimana menghuni kamar gas yang ada di kamp Auschwitz (Kamp Konsentrasi Jerman yang paling besar dalam membunuh Yahudi dan umat minoritas lainnya)

Bahkan secara dramatis, film ini menggambarkan kisah sebenarnya bagaimana saat pengosongan Ghetto, sebagian besar kaum Yahudi penghuni Ghetto dibunuh.

Hingga akhirnya film ini mengisahkan kisah Oskar Schindler yang mengorbankan semua milik harta-nya untuk menyelamatkan Yahudi yang bisa diselamatkan dari tangan komandan NAZI kejam bernama AMON Goth.

1. DOWNFALL / DER UNTERGANG (2004)

Durasi Waktu : 155 MENIT Bahasa : JERMAN Film Distributor : CONSTANTIN FILM Sutradara : OLIVER HIRSCBIEGEL Buku :

JOACHIM FEST (INSIDE HITLERS BUNKER)

TRAUDL JUNGE & MELISSA MILLER (UNTIL THE FINAL HOUR) Penulis Skenario : BERND EICHINGER

Bruno Ganz as Adolf Hitler Alexandra Maria Lara as Traudl Junge Ulrich Matthes as Joseph Goebbels Corinna Harfouch as Magda Goebbels Juliane Köhler as Eva Braun Thomas Kretschmann as SS-Gruppenführer Hermann Fegelein Heino Ferch as Oberbefehlsleiter Albert Speer Christian Berkel as SS-Obersturmbannführer Dr. Ernst-Günther Schenck André Hennicke as SS-Brigadeführer Wilhelm Mohnke Götz Otto as Sturmbannführer Otto Günsche Ulrich Noethen as Reichsführer-SS Heinrich Himmler Christian Redl as Generaloberst Alfred Jodl Rolf Kanies as Chief of the Army General Staff General Hans Krebs Michael Mendl as General Helmuth Weidling Matthias Habich as SS-Obersturmbannführer Prof. Dr. Werner Haase Birgit Minichmayr as Gerda Christian Dietrich Hollinderbäumer as Generalfeldmarschall Robert Ritter von Greim

Downfall (dengan judul asli Der Untergang) bercerita bagaiman hari-hari terakhir Hitler sebelum bunuh diri. Pasukan Uni Soviet (sekarang Rusia) telah mengepung Berlin. Sementara dengan mati-matian pasukan Nazi mencoba menghalau jangan sampai pasukan tentara merah berhasil menguasai Berlin. Pertempuran Berlin terjadi begitu sengit. Sementara Hitler orang nomor satu NAZI memilih tak mau mengungsi keluar Berlin dan tetap berada di Bunker bawah tanah. Hari-hari terakhir Hitler dan kejayaan Nazi akan berakhir. Traudl Junge sebagai sekertaris Hitler menyaksikan hari-hari terakhir sang Fuhrer dengan para jendral-jendral nya mencoba mati-matian bertahan dari gempuran Uni Soviet. Sementara pertempuran diluar Bunker berjalan sengit dengan realita dan kondisi Rakyat musti menjadi korban saat itu. Film Downfall produksi Jerman ini mengisahkan kisah yang sebenarnya terjadi saat itu. Berdasarkan buku dari Joachim Fest yang berjudul Inside Hitler Bunker dan kesaksian nyata dari Traudl Junge mantan sekertaris pribadi Hitler.


You Might Also Like:
bottom of page