top of page

[Artikel] Selamat Jalan James Horner ...


Suara Sisel yang sendu tentunya sangat khas mengiringi film Titanic besutan James Cameron. Banyak orang memuji James Cameron yang apik membesut Titanic. Tetapi jangan lupa, music di film Titanic Diciptakan oleh James Horner. Komposer yang banyak mengisi scoring music di banyak film papan atas.

*klik disini mendengar suara sisel yang mengisi musik titanic ciptaan James Horner*

Tapi kabar sedih musti kita dapatkan mengenai James Horner. Komposer musik tersebut telah berpulang. Pesawat yang diterbangkan James Horner jatuh di Los Padres National Forrest, Selatan California pada senin lalu (22/6). Dunia seni (film dan musik) berduka. James kelahiran 61 tahun silam telah tiada. Komposer jenius itu pergi lebih cepat dari kita semua.

Ucapan duka cita mengalir dari berbagai sineas dan selebriti. Penyanyi Celine Dion yang menyanyikan soundtrack Titanic berjudul “My Heart Will Go On” ikut bersedih. “James memainkan peran penting dalam karir saya. Kami akan merindukannya. Kami memberikan kepada keluarganya dan teman-teman, rasa simpati kami yang terdalam." Ucap penyanyi asal Kanada tersebut.

Sutradara Antoine Fuqua juga bereaksi yang sama saat mengetahui kabar kecelakaan tersebut. “Dia (James Horner) adalah legenda. Teman yang hebat. James bukan hanya seorang komposer musik di film. Dia adalah pembuat film sejati dengan musiknya.” Ucap Sutradara yang akan merilis film Southpaw dan James Horner terlibat dalam musik film tersebut.

Fuqua juga mengatakan bahwa James Horner selalu berdiskusi begitu detil dalam penggarapan musik untuk setiap film yang akan diisinya. “Pergi dengan damai teman. Kamu meninggalkan kita warisan yang indah dengan musik yang kamu ciptakan.” Ujar Antoine Fuqua.

Tidak hanya Celine Dion dan Antoine Fuqua, ucapan bela sungkawa datang dari Russel Crowe, James Cameron, serta banyak sineas lainnya.

Berbicara kilas balik mengenai prestasi yang telah dibuat James Horner, begitu banyak scoring music yang menghiasi film-film papan atas Hollywood. James Horner diidentifikasi telah menggarap kurang lebih 150 scoring music untuk film.

Scoring music pertama James Horner untuk film besar dimulai tahun 1979 untuk film Lady in Red. Namun, Nama James Horner melambung tinggi ketika menggarap musik untuk film Star Trek II : The Wrath of Khan pada tahun 1982.

Setelah itu, James Horner dipercaya studio-studio besar Hollywood untuk mengisi film-film papan atas. James Cameron yang mencetak 2 film papan terlaris sepanjang masa, musiknya digarap oleh James Horner. Dua film tersebut adalah Titanic dan Avatar. Film Aliens juga menjadi kerja-sama bagi keduanya. Bahkan rencananya, James Horner akan mengisi scoring music film Avatar 2.

James Cameron bukanlah satu-satunya sutradara papan atas Hollywood yang bekerja-sama dengan James Horner. Ada nama Ron Howard untuk film The Missing, A Beautiful Mind, How The Grinch Stole Christmas, Ransom, Apollo 13, dan Willow.

Sederet film lain yang pernah diisi musik oleh James Horner adalah Southpaw, The Legend of Zorro, Troy, Enemy at the Gates, Ransom, Jumanji, Braveheart, dan serta segudang film-film papan atas lainnya.

Pada Oscar 1998, James mendapatkan Piala untuk kategori Best Music, Original Score untuk film Titanic. James Horner juga pernah meraih enam nominasi Oscar lainnya. Tidak hanya itu, James Horner total telah meraih sekitar 70 nominasi dan penghargaan untuk dedikasi nya di perfilman.

Orang-tua james Horner merupakan Imigran. Pada tahun 1935 memilih pergi ke Amerika Serikat. James dikenal sebagai orang yang rendah diri dan juga ramah kepada banyak orang. Komposer papan atas seperti Hans Zimmer, Paul Williams, serta Alan Menken mempunyai respek yang tinggi akan James Horner.

Saat mengetahui kematian James Horner akibat kecelakaan pesawat, Sylvia Patrycja yang merupakan asisten-nya menulis di facebook,”Kita telah kehilangan orang yang mengagumkan yang mempunyai cinta yang besar dan bakat yang luar biasa. Dia pergi sembari melakukan hal yang Ia cintai (menerbangkan pesawat)”

Dalam film The 33 di akhir adegan, ditulisan film ini didedikasikan untuk James Horner.

Selamat Jalan James Horner ….

*klik disini mendengar scoring musik yang mengisi musik film The 33 ciptaan James Horner*


You Might Also Like:
bottom of page