top of page

[Review] Collide "Cinta dan Kriminal"


Collide adalah film ketiga dari sutradara Eran Kreevy. Beberapa bintang papan muda namun bertalenta Hollywood berhasil digaet sang sutradara untuk membintangi Collide. Nama Felicity Jones yang baru saja mendapatkan Oscar dan Nicholas Hoult menjadi pemeran utama dalam film ini.

Termasuk actor senior berbakat Ben Kingsley dan Anthony Hopkins yang hadir sebagai tokoh pendukung.

Kisahnya sendiri sederhana. Casey (Nicholas Hoult) adalah backpacker asal Amerika yang berada di Eropa. Keahliannya adalah mencuri mobil. Berbekal hal tersebut, Casey menjalani kehidupannya. Dirinya ingin hidup normal ketika bertemu gadis cantik Juliette (Felicity Jones).

Casey dan Juliette saling mencintai seiring perjalanan waktu. Masa depan mulai disusun Casey untuk hidup bersama Juliette.

Namun, kehidupan berbicara lain. Juliette menderita penyakit yang membutuhkan biaya tinggi. Bermodalkan keahlian, Casey menerima pekerjaan kriminal dari Geran (Ben Kingsley) yang ingin merampok paket dari seorang bos mafia bernama Hagen (Anthony Hopkins) yang juga pengusaha.

Rencana perampokan yang awalnya sederhana menjadi berantakan. Mulai dari baku tembak, kejar mengejar di jalan raya, hingga para gangster kini mengincar nyawa Juliette yang diketahui mempunyai hubungan dengan Casey.

Film Collite juga ditulis oleh Eran Kreevy yang juga menjabat sebagai sutradara. Pakem Eram sendiri masih sama seperti dua film sebelumnya. Tetap di jalur film genre aksi dengan alur cerita konspirasi untuk menarik minat penonton.

Dibandingkan dua film sebelumnya. Collide tampil jauh lebih berkualitas dan lebih menonjolkan kualitas aksi laga yang mumpuni. Alur cerita yang muncul di awal film lalu flashback cukup baik dari sisi editing film.

Sayangnya Collide terlalu biasa dari segi cerita tanpa ada sesuatu yang baru ditawarkan untuk menjadi lebih dramatis. Kisah cinta plus kriminalitas yang menjadi menu utama tampil biasa saja. Seharunya sang sutradara bisa membuat lebih dramatis dan menohok.

Mengambil setting di eropa seharusnya dapat menjadi nilai lebih untuk menampilkan sinematografi yang mumpuni. Sayangnya ini juga tidak terjadi dan bagi yang kurang konsentrasi, pemandangan-pemandangan yang ada seperti layaknya film ini dibuat di Amerika saja.

Felicity Jones dan Nicholas Hoult yang merupakan generasi baru Hollywood tampil oke dan menunjukan akting berbakatnya. Ben Kingsley dan Anthony Hopkins yang sudah malang melintang di dunia akting semenjak dulu kala tetap tampil berkarakter meski mendapati porsi pemeran pendukung.

Secara keseluruhan Collide mencoba menyatukan cinta dan kriminal untuk santapan penonton. Sebagai sebuah film genre aksi, Collide tidaklah buruk dan tetap menghibur penonton. Sayangnya formula seperti ini sudah banyak diangkat ke layar lebar. Sehingga tidak ada sesuatu yang baru untuk diberikan kepada penonton.

You Might Also Like:
bottom of page