top of page

[Review] Black Mass “Kisah Hidup James ‘Whitey’ Burger”


Di pertengahan tahun 70 hingga 80-an, di Kota Boston hadir seorang penjahat kelas kakap bernama James Burger. Seorang kriminal yang sering dipanggil Whitey. Biasanya penjahat yang terorganisir adalah mafia Italia. Tapi James Burger berhasil menguasai Boston, meski berdarah Irlandia.

James Burger (Johnny Depp) memang lahir dan dibesarkan di Boston. Menjadi kriminal adalah jalan hidupnya. Mulai dari pembunuhan hingga pemerasan dilakukan oleh James Burger untuk berkuasa. Kejam dan tanpa pandang bulu sudah menjadi watak dasarnya. Tanpa segan, dirinya bisa menembak kepala dari teman-teman lainnya yang juga kriminal.

Meski menyandang penjahat ganas, namun James Burger juga bisa sangat manis kepada anaknya yang masih kecil dan romantis kepada istrinya saat pulang ke rumah. Dalam satu kesempatan, dirinya bisa menjadi anak yang manis dengan menemani ibu-nya bermain kartu.

Menariknya, James Burger mempunyai saudara kandung bernama Billy Burger (Benedict Cumberbatch). Perbedaannya, Billy justru mengabdikan hidupnya untuk masyarakat. Billy menjadi bahkanterjun ke dunia politik dan menjadi senator.

Teman kecil James Burger bernama John Connolly (Joel Edgerton). Seorang ambisius, praagmatis, dan juga ingin mendapatkan keuntungan. Dengan segala tipu muslihat, john Connolly meyakinkan James Burger bekerja-sama dengan FBI. John juga meyakinkan atasan-nya di FBI bernama Charles McGuaire (Kevin Bacon) agar mengindahkan kejahatan James Burger, agar mampu meringkus mafia besar yang menguasai Kota Boston.

Sutradara Scott Cooper merangkum segala kerumitan yang terjadi dalam film ini. Meski Black Mass bisa dikategorikan film biografi kriminal, namun kekacauan yang dibuat James Bulger dan kerja-sama bersama FBI, menjadi jualan utama dalam Black Mass.

Bagi Johnny Depp yang menjadi tokoh utama, film bertema mafia dan kriminal ala Black Mass bukanlah kali pertama yang dibintanginya. Sebelumnya, Johnn Depp berperan sebagai Donnie Brasco dalam film dengan judul Donnie Brasco dan film Public Enemies berperan sebagai sang kriminal termasyur John Dillinger. Bahkan juga Johnny Depp berperan sebagai George Jung, yang menjadi pengedar narkoba besar di jaman pertengahan 90-an.

film Donnie Brasco, Public Enemies, Dope semuanya diangkat dari kisah yang sebenarnya. Begitu juga Black Mass yang merupakan kisah hidup dari James Burger. Sehingga dalam Black Mass, Johnny Depp sudah paham betul bagaimana harus berperan sebagai kriminal.

Berdurasi selama 123 menit, kisah demi kisah James Burger melakukan kriminal untuk kekuasaannya dirangkum dengan lugas. Scott Cooper benar-benar menampilkan visual dari sisi jahat James Burger selama masa kejayaannya.

Joel Edgerton yang apik memerankan Raja Ramses dalam film Exodus: Gods & Kings, berhasil menemukan chemistry saat harus berdu akting dengan Johnny Depp. Gaya penjilat, korup, serta menjengkelkan berhasil diperankan oleh Edgerton.

Meski tidak mendapatkan porsi banyak, Namun Benedict Cumberbath tetaplah menawan. Bintang serial TV Sherlock yang sedang naik daun ini di jajaran aktor papan atas Hollywood tampil luwes sesuai dengan perannya. Begitu juga kehadiran aktor senior Kevin Bacon yang menawan dan berwibawa untuk perannya.

Secara keseluruhan, Black Mass memanglah tidak se-pupuler Danny Brasco atau Godfather. Namun film ini layak menjadi salah-satu tontonan film kriminal yang berkualitas. Akting Johnny Depp, Joel Edgerton, Benedict Cumberbath, serta Kevin Bacon adalah kelebihan utama dari Black Mass.

Bintang : 7 dari 10 Bintang

You Might Also Like:
bottom of page