top of page

[Review] Truth “Investigasi Jurnalistik yang Berakhir Kontroversi”


Mengisahkan Investigasi para jurnalis CBS dalam menguak George W. Bush saat tugas kemiliteran di era Perang Vietnam.Namun Ivestigasi bertepatan saat akan Pemilihan Presiden Amerika Serikat pada tahun 2004 dimana George W. Bush kembali mencalonkan diri jadi Presiden Versus John Kerry.

CBS (Columbia Broadcasting News) adalah salahsatu media papan atas di Amerika. Semenjak tahun 1929, CBS sudah mengudara lewat jalur radio. CBS makin berkembang dan menjadi salahsatu Stasiun TV papan atas di Amerika Serikat.

Pada tahun 2004, CBS makin naik daun setelah berhasil melakukan investigasi mengenai penyiksaan yang dilakukan oleh Tentara Amerika di penjara Abu Ghraib di Irak. Abu Ghraib menjadi tempat penyiksaan kepada para tahanan saat Amerika melakukan invasi ke Irak.

Investigasi Abu Ghraib membuat CBS makin mentereng di kalangan media jurnalis. Tindakan penyiksaan di penjara tersebut membuat heboh di seluruh dunia bagaimana pelanggaran HAM terjadi di tempat tersebut dan saat itu Presiden George W. Bush selaku Presiden Amerika Serikat.

Kisah tersebut tersaji apik dalam acara 60 Minutes milik CBS. Mary Mapes (Cate Blanchett) bertindak sebagai produser dalam acara 60 Minutes. Sebagai pembawa acara adalah Dan Rather (Robert Redford) yang merupakan jurnalis senior. Dan Rather adalah legenda di dunia jurnalis, karena sudah meliput semenjak Perang Vietnam berkecamuk.

Amerika Serikat saat itu akan memulai pemilihan Presiden baru. George W. Bush sebagai petahana akan bersaing melawan John Kerry dari Partai Demokrat.

Mary Mapes selaku produser acara 60 Minutes di CBS, mendapatkan informasi berharga mengenai investigasi selanjutnya. Investigasi mengenai George W. Bush selama pendidikan militer yang (konon) melakukan mangkir selama proses pelatihan militer sebelum diterjunkan di Vietnam.

Tidak hanya Mary Mapes, Tim investigasi 60 Minutes ditambah dengan Roger Charles (Dennis Quaid)-yang sebelumnya juga sudah ikut dalam Tim 60 Minutes dalam investigasi Abu Ghraib- plus beberapa wajah baru yang diandalkan Mary Mapes. Mike Smith (Topher Grace) dan Lucy Scott (Elizabeth Moss) ikut bergabung dalam Tim 60 Minutes.

Dalam Proses investigasi, Tim 60 Minutes yang dikomandoi Mary Mapes seperti mendapatkan durian runtuh. Seorang veteran bernama Bill Burkett mengatakan dan memberikan bukti kepada Mary Mapes Cs bahwa mempunyai bukti otentik mengenai mangkir-nya George W. Bush saat pelatihan militer pada tahun 1972-1973 silam.

Dokument tersebut terkenal dengan sebutan Killian Documents. Isinya adalah membuktikan bahwa George W. Bush mendapatkan keluhan dari atasannya saat itu (tahun 1972-1973) karena jarang hadir di tempat pelatihan dan mangkir saat menjalankan pelatihan.

Bermodalkan Killian Documents, Tim 60 Minutes menayangkan investigasi mengenai mangkir-nya George W. Bush kepada masyarakat. Berita liputan tersebut menjadi topik yang begitu hangat di Amerika. Baik masyarakat dan elit politik terhenyak akan berita investigasi yang dikeluarkan oleh tim 60 Minutes. Karena sedang panas-panasnya proses pemilihan Presiden Amerika Serikat yang melibatkan George W. Bush.

Namun, pasca penayangan sesuatu yang tak pernah dikira oleh tim 60 Minutes mulai mendapatkan realita-realita dan konsekuensi. Sumber-sumber terbaru justru menyudutkan pemberitaan yang ditayangkan oleh Tim 60 Minutes. Kontroversi akhirnya terjadi hingga membuat karir para Tim Jurnalis 60 Minutes di ujung tanduk.

Film Truth merupakan debut penyutradaraan dari sutradara James Vanderbilt di layar lebar. Sebelumnya, James Vanderbilt lebih dikenal sebagai penulis skenario lewat film The Amazing Spiderman 2, White House Down, serta Zodiac.

Selama 125 menit, film ini memberikan sajian utama Tim 60 Minutes yang dikomandoi Mary Mapes melakukan investigasi hingga pasca investigasi. Kerumitan dalam investigasi yang dilakukan para jurnalis tersaji meski berkutat pada sosok-sosok setiap jurnalis dalam mengemban tugas masing-masing.

Sayangnya, sutradara James Vanderbilt yang juga merangkap penulis skenario, lebih menekankan emosi dan karakter para sosok tokoh-tokoh utama dalam film. Dunia jurnalistik memang ditampilkan, namun tidak menambah ketegangan serta suasana mencekam saat terjadinya kontroversi.

Akting menawan Robert Redford dan Cate Blanchett menjadi kelebihan dalam film ini. Meski juga beberapa tokoh pendukung tampil prima untuk memerankan karakter-karakter yang ada.

Secara keseluruhan, film Truth menyajikan bagaimana sebuah investigasi yang dilakukan oleh jurnalis. Dunia wartawan begitu menarik , kontroversi, menantang, namun juga bisa mematikan. Kisah nyata mengenai kontroversi Killian documents tersaji untuk menambah wawasan kita. Selamat Menonton.

Nilai : 7 dari 10 Bintang

You Might Also Like:
bottom of page